KLASIFIKASI TINGKAT KEBERHASILAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MIN 2 PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE

YULIA SELVIANA, 21552010042 (2025) KLASIFIKASI TINGKAT KEBERHASILAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MIN 2 PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_01_Front.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_01_Front.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_02_BAB 1.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_02_BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_03_BAB_2.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_03_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_04_BAB_3.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_04_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_05_BAB_4.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_05_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_06_BAB_5.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_06_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_07_BAB_6.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_07_BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of Yulia Selviana_21552010042_08_Lampiran.pdf] Text
Yulia Selviana_21552010042_08_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tantangan untuk mengklasifikasikan tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran menghadirkan kesulitan khusus bagi guru dalam mengevaluasi dan merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Klasifikasi ini penting untuk memahami pencapaian pembelajaran siswa secara objektif dan komprehensif. Namun, proses ini sering terhambat oleh keterbatasan waktu, potensi kesalahan perhitungan, dan kesulitan dalam melakukan analisis data yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi algoritma dengan akurasi tertinggi dalam mengklasifikasikan keberhasilan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Support Vector Machine (SVM), dengan evaluasi kinerja yang dilakukan menggunakan matriks konfusi untuk mendapatkan skor akurasi, presisi, dan recall. Hasil penelitian yang dilakukan di MIN 2 Kota Palembang menunjukkan bahwa: (1) model SVM dibangun menggunakan data latih untuk menguji akurasi model, (2) hasil klasifikasi dievaluasi menggunakan pendekatan matriks konfusi, dan (3) tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran di MIN 2 Kota Palembang dianggap tinggi berdasarkan hasil klasifikasi yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Yulia Selviana Mustika
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:47
Last Modified: 28 Jul 2025 06:47
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item
View Item