IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN DI TOKO MERY DENGAN METODE ASOSIASI ALGORITMA APRIORI

RAIHAN ALY MURTHADHA, 20552010021 (2024) IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN DI TOKO MERY DENGAN METODE ASOSIASI ALGORITMA APRIORI. Diploma thesis, Universitas sumatera selatan.

[thumbnail of Raihan Aly Murthadha _20552010021_front.pdf] Text
Raihan Aly Murthadha _20552010021_front.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 1.pdf] Text
Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[thumbnail of Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 2.pdf] Text
Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 3.pdf] Text
Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 4.pdf] Text
Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 5.pdf] Text
Raihan Aly Murthadha _20552010021_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[thumbnail of Raihan Aly Murthadha _20552010021_lampiran.pdf] Text
Raihan Aly Murthadha _20552010021_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknik data mining pada penjualan di Toko Mery menggunakan metode asosiasi "Algoritma Apriori". Dengan semakin banyaknya data transaksi penjualan yang terkumpul, penting untuk mengubah data tersebut menjadi informasi yang berguna untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan. Studi ini berfokus pada analisis data transaksi penjualan harian selama tiga tahun untuk mengidentifikasi pola pembelian konsumen yang dapat membantu dalam mengatur tata letak produk dan meningkatkan penjualan. Algoritma Apriori digunakan untuk menemukan asosiasi antar produk yang sering dibeli bersamaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam mengidentifikasi pola pembelian yang tidak terlihat secara manual. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi Toko Mery dalam menyusun strategi penjualan yang lebih baik dan mengoptimalkan persediaan produk. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya penerapan teknik data mining dalam konteks bisnis retail untuk meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LD Individual institutions (United States)
Depositing User: Raihan Aly Murthadha
Date Deposited: 10 Aug 2024 08:35
Last Modified: 10 Aug 2024 08:35
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item
View Item