PENGARUH TEKNOLOGI PADA PELAYANAN KELURAHAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SETERIO KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN

sella, lukito (2025) PENGARUH TEKNOLOGI PADA PELAYANAN KELURAHAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SETERIO KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, universitas sumatera selatan.

[thumbnail of sella_21612010036_front.pdf] Text
sella_21612010036_front.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of SELLA LUKITO-21612010036-BAB 1.pdf] Text
SELLA LUKITO-21612010036-BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[thumbnail of SELLA LUKITO-21612010036-BAB 2.pdf] Text
SELLA LUKITO-21612010036-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[thumbnail of SELLA LUKITO_21612010036_BAB 3.pdf] Text
SELLA LUKITO_21612010036_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[thumbnail of SELLA LUKITO_21612010036_BAB 4.pdf] Text
SELLA LUKITO_21612010036_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[thumbnail of SELLA LUKITO_21612010036_BAB 5.pdf] Text
SELLA LUKITO_21612010036_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of SELLA LUKITO_21612010036_LAMPIRAN.pdf] Text
SELLA LUKITO_21612010036_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi dalam pelayanan kelurahan terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Seterio, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin. Di era digitalisasi saat ini, pemanfaatan teknologi menjadi salah satu kunci dalam menciptakan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 89 responden masyarakat yang berusia 17–45 tahun dan pernah menerima pelayanan secara langsung di kantor kelurahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Analisis data dilakukan menggunakan bantuan program SPSS dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi dalam pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai signifikansi < 0,001 dan analisis regresi sederhana dengan nilai positif sebesar 0,381. Artinya, sebesar 38.1% dalam satu satuan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel teknologi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin optimal penggunaan teknologi oleh aparatur kelurahan, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan.

Kata Kunci: Teknologi, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat, Kelurahan Seterio

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nona Sella Lukito
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:28
Last Modified: 11 Aug 2025 04:28
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item
View Item