Resti Apriyenti, 21612010010 (2025) PENGARUH PROMOSI DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM WHATSAPP TERHADAP PENJUALAN PEMPEK UMIABI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.
restiapriyenti_21612010010_01_front.pdf
Download (319kB)
restiapriyenti_21612010010_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (398kB)
restiapriyenti_21612010010_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (525kB)
restiapriyenti_21612010010_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (481kB)
restiapriyenti_21612010010_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (879kB)
restiapriyenti_21612010010_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
restiapriyenti_21612010010_07_Lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang cepat telah mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak promosi menggunakan platform Whatsapp Business terhadap penjualan pempek umiabi di Kota Palembang. Whatsapp dipilih karena dapat menghubungi konsumen secara langsung dan efisien melalui fitur komunikasi pesan pribadi dan story. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 85 responden yang telah melakukan pembelian pempek umiabi melalui Whatsapp Business. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan syarat responden yang aktif dan memiliki pengalaman pembelian. Analisis data dilakukan melalui regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan lewat Whatsapp Business berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Whatsapp tidak hanya berfungsi secara efisien sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai platform pemasaran yang cerdas dalam meningkatkan kemampuan beli konsumen. Karena itu, UMKM, terutama Pempek UmiAbi, disarankan untuk terus memperluas konten promosi yang menarik serta tepat sasaran melalui platform ini. Penelitian ini juga bisa menjadi acuan bagi pelaku UMKM lainnya dalam menyusun strategi pemasaran digital yang lebih responsif terhadap perubahan pasar yang berbasis teknologi.
Kata Kunci : Promosi, Platform Whatsapp, Penjualan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Nona Resti Apriyenti |
| Date Deposited: | 02 Aug 2025 07:48 |
| Last Modified: | 02 Aug 2025 07:48 |
| URI: | http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/826 |
