PENGARUH METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEEFOOD PADA MASYARAKAT KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG

Tri Febriani, 21612010005 (2025) PENGARUH METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEEFOOD PADA MASYARAKAT KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of Tri Febriani_21612010005_01_front.pdf] Text
Tri Febriani_21612010005_01_front.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Tri Febriani_21612010005_02_Bab_1.pdf] Text
Tri Febriani_21612010005_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[thumbnail of Tri Febriani_21612010005_03_Bab_2.pdf] Text
Tri Febriani_21612010005_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[thumbnail of Tri Febriani_21612010005_04_Bab_3.pdf] Text
Tri Febriani_21612010005_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of Tri Febriani_21612010005_05_Bab_4.pdf] Text
Tri Febriani_21612010005_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of Tri Febriani_21612010005_06_Bab_5.pdf] Text
Tri Febriani_21612010005_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of Tri Febriani_21612010005_07_Lampiran.pdf] Text
Tri Febriani_21612010005_07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembayaran Cash on Delivery (COD) dan promosi gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada layanan ShopeeFood di kalangan masyarakat Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Latar belakang penelitian ini didorong oleh meningkatnya persaingan dalam layanan pemesanan makanan secara daring serta dominasi metode pembayaran COD dan promosi bebas biaya kirim sebagai faktor strategis yang memengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan warga Kecamatan Sukarami dan telah melakukan transaksi di ShopeeFood lebih dari dua kali. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, variabel metode pembayaran COD dan gratis ongkos kirim memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Temuan ini mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut berperan penting dalam meningkatkan minat beli masyarakat terhadap layanan ShopeeFood.
Kata Kunci: Cash’on’Delivery’(COD),’Gratis Ongkos Kirim’dan’Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nona Tri Febriani
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:13
Last Modified: 01 Aug 2025 08:13
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item
View Item