KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK TIM PEMENANGAN EDISON-SUMARNI DALAM PILKADA BUPATI KAB. MUARA ENIM 2024

Wahyu Ridho Pirmansyah, 21702010008 (2025) KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK TIM PEMENANGAN EDISON-SUMARNI DALAM PILKADA BUPATI KAB. MUARA ENIM 2024. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_01_front.pdf] Text
Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_01_front.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_Bab1 .pdf] Text
Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_Bab1 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_03_Bab2.pdf] Text
Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_03_Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[thumbnail of Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_04_Bab3.pdf] Text
Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_04_Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[thumbnail of Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_05_Bab4.pdf] Text
Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_05_Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_06_Bab5.pdf] Text
wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_06_Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_07_Lampiran .pdf] Text
Wahyu Ridho Pirmansyah_21702010008_07_Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan kepala daerah merupakan perwujudan mekanisme demokrasi komunikasi pemasaran politik dan strategi pemasaran politik memegang peranan penting dalam pemilihan kepala daerah untuk mencapai tujuan organisasi politik. Skripsi ini berjudul “Komunikasi Pemasaran Politik Tim Pemenangan Edison-Sumarni pada Pemilihan Bupati Kabupaten Muara Enim Tahun 2024”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran politik tim pemenangan Edison Sumarni pada pemilihan kepala daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Komunikasi pemasaran politik merupakan bidang penting untuk memengaruhi opini publik dan membangun citra positif bagi kandidat di tengah persaingan politik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tim pemenangan Edison Sumarni menggunakan berbagai strategi komunikasi politik seperti Segmentation Targeting, Positioning, dan Branding. Dengan menggunakan teori tersebut tim pemenangan melihat apa saja kebutuhan yang ada di masyarakat Kabupaten Muara Enim. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan elektabilitas pasangan calon dan kedekatan emosional dengan pemilih. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana komunikasi pemasaran politik dan strategi pemasaran politik dapat melihat kebutuhan masyarakat di Kabupaten Muara Enim.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Politik, Strategi Pemasaran Politik, Tim Kampanye Edison-Sumarni, Pemilihan Kepala Daerah, Pilkada Muara Enim 2024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email wahyuridhopirmansyahpirmansyah@gmail.com
Date Deposited: 30 Jul 2025 04:31
Last Modified: 30 Jul 2025 04:31
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item
View Item