PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN (AI) PERPLEXITY SEBAGAI MEDIA BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI DI KOTA PALEMBANG

FAJRI ARRAHMAN, 21702010032 (2025) PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN (AI) PERPLEXITY SEBAGAI MEDIA BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of fajriarrahman_21702010032_01_front.pdf] Text
fajriarrahman_21702010032_01_front.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FAJRI ARRAHMAN_21702010031_02_bab1.pdf] Text
FAJRI ARRAHMAN_21702010031_02_bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[thumbnail of FAJRI ARRAHMAN_21702010031_03_bab2.pdf] Text
FAJRI ARRAHMAN_21702010031_03_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[thumbnail of FAJRI ARRAHMAN_21702010031_04_bab3.pdf] Text
FAJRI ARRAHMAN_21702010031_04_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of FAJRI ARRAHMAN_21702010031_05_bab4.pdf] Text
FAJRI ARRAHMAN_21702010031_05_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[thumbnail of FAJRI ARRAHMAN_21702010031_06_bab5.pdf] Text
FAJRI ARRAHMAN_21702010031_06_bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of FAJRI ARRAHMAN_21702010031_07_Lampiran.pdf] Text
FAJRI ARRAHMAN_21702010031_07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan aplikasi kecerdasan buatan (AI) Perplexity dalam aktivitas akademik mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kota Palembang. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini berfokus pada pemahaman mendalam mengenai pola pemanfaatan Perplexity, serta dampaknya terhadap proses belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang secara aktif menggunakan Perplexity mengalami peningkatan kemampuan kognitif, seperti berpikir sistematis, menyusun argumen secara terstruktur, dan efisiensi dalam menyelesaikan tugas. kondisi ini menguatkan teori Media System Dependency yang menyatakan bahwa media berdampak signifikan ketika menjadi sumber utama dalam mencapai tujuan edukatif. Sebaliknya, mahasiswa yang menggunakan Perplexity secara situasional masih lebih mengandalkan metode pembelajaran konvensional. Dalam kerangka New Media Theory, fenomena ini menunjukkan perbedaan adopsi teknologi di kalangan mahasiswa, di mana Perplexity dinilai sebagai alat bantu interaktif yang mendukung pembelajaran, namun belum sepenuhnya menggantikan peran interaksi manusia. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan AI secara bijak dalam dunia akademik yang terus berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fajri Arrahman
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:25
Last Modified: 30 Jul 2025 06:25
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item
View Item