ANALISIS SEMIOTIKA PERSPEKTIF MELAWAN DISKRIMINASI LIRIK LAGU “THIS IS ME” OST. THE GREATEST SHOWMAN

M NUR AFRYANSYAH, 19702010004 (2023) ANALISIS SEMIOTIKA PERSPEKTIF MELAWAN DISKRIMINASI LIRIK LAGU “THIS IS ME” OST. THE GREATEST SHOWMAN. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of SKRIPSI_M_NUR_AFRYANSYAH_19702010004.pdf] Text
SKRIPSI_M_NUR_AFRYANSYAH_19702010004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi dan makna yang
terkandung dalam lirik lagu OST “This Is Me”. The Greatest Showman terkait
aspek perspektif melawan diskriminasi yang diulas menggunakan kajian semiotik
dengan judul Analisis Semiotika Perspektif Melawan Diskriminasi Lirik Lagu
“This Is Me” OST. The Greatest Showman. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-interpretatif. Objek penelitian
adalah analisis semiotika model teoritis Roland Barthes yang menitikberatkan pada
pemaknaan dua tahap (two orders of signification) yaitu denotasi dan konotasi dari
subjek penelitian ini yaitu lirik lagu “This Is Me ".
Hasil pengolahan seluruh data yang peneliti lakukan menemukan bahwa
secara kajian semiotika dengan interpretasi dan pemaknaan tahapan denotasi dan
konotasi pada lirik lagu “This Is Me” secara keseluruhan memiliki makna
perspektif melawan terhadap tindakan diskriminasi. Dimana lirik lagu tersebut
menyampaikan pesan perjuangan, keberanian dan perlawanan terhadap tindakan
diskriminasi. Tak hanya itu, pesan-pesan penerimaan diri, keyakinan akan
kemampuan diri, ketangguhan bahkan pemberontakan terhadap tindakan
diskriminasi tergambar baik secara eksplisit maupun implisit dalam lagu tersebut.
Kemudian mengklasifikasikan jenis-jenis diskriminasi yang terdapat pada
keseluruhan lagu berdasarkan hasil interpretasi dan pemaknaan serta hasil data yang
diperoleh baik dari informan maupun literatur yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Staff Pengelola Repositori
Date Deposited: 24 May 2024 16:35
Last Modified: 24 May 2024 16:35
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item
View Item