INTERPRETASI PERILAKU VERBAL BULLYING PADA WEBTOON TAKJIL EPISODE 23-24 (Studi Kasus Pada Judul Halo, Bona ! (1 dan 2))

ANNASTASYA, 21702010012 (2025) INTERPRETASI PERILAKU VERBAL BULLYING PADA WEBTOON TAKJIL EPISODE 23-24 (Studi Kasus Pada Judul Halo, Bona ! (1 dan 2)). Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of ANNASTASYA_21702010012_01_FRONT.pdf] Text
ANNASTASYA_21702010012_01_FRONT.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of ANNASTASYA_21702010012_02_BAB_1.pdf] Text
ANNASTASYA_21702010012_02_BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of ANNASTASYA_21702010012_03_BAB_2.pdf] Text
ANNASTASYA_21702010012_03_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of ANNASTASYA_21702010012_04_BAB_3.pdf] Text
ANNASTASYA_21702010012_04_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of ANNASTASYA_21702010012_05_BAB_4.pdf] Text
ANNASTASYA_21702010012_05_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of ANNASTASYA_21702010012_06_BAB_5.pdf] Text
ANNASTASYA_21702010012_06_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of ANNASTASYA_21702010012_07_Lampiran.pdf] Text
ANNASTASYA_21702010012_07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interpretasi perilaku verbal bullying dalam Webtoon Takjil episode 23 dan 24, dengan fokus pada cerita berjudul 'Halo, Bona! (1 dan 2)'. Latar belakang penelitian ini berakar dari perkembangan pesat media hiburan digital, di mana webtoon muncul sebagai bentuk baru dari komik digital yang sering mengangkat isu sosial seperti bullying. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menerapkan teori resepsi Stuart Hall dan teori media baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembaca menginterpretasikan adegan bullying secara berbeda tergantung pada latar belakang mereka, yang dikategorikan ke dalam pembacaan dominan, negosiasi, dan oposisi. Selain itu, melalui teori media baru, fitur digital seperti interaktivitas dan hipertekstualitas memperkuat cara pembaca terlibat dan merespons konten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nona Annas Tasya
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:41
Last Modified: 28 Jul 2025 08:41
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item
View Item