ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DI HIDROPONIK CENTER PALEMBANG

ANDIKA REZA PERDANA, 21542010015 (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DI HIDROPONIK CENTER PALEMBANG. Diploma thesis, universitas sumatera selatan.

[thumbnail of ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_1_FRONT.pdf] Text
ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_1_FRONT.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_02_Bab_1.pdf] Text
ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[thumbnail of ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_03_Bab_2.pdf] Text
ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[thumbnail of ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_04_Bab_3.pdf] Text
ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_05_Bab_4.pdf] Text
ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[thumbnail of ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_06_Bab_5.pdf] Text
ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[thumbnail of ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_07_Lampiran.pdf] Text
ANDIKA REZA PERDANA_21542010015_07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pembelian konsumen terhadap produk pakcoy hidroponik di Hidroponik Center Palembang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis faktor eksploratori (Exploratory Factor Analysis/EFA). Sebanyak 30 responden yang pernah membeli pakcoy hidroponik di HCP dijadikan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor utama yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen, yaitu faktor produk, preferensi, serta harga dan lokasi. Faktor produk merupakan faktor dominan yang paling dipertimbangkan konsumen dengan indikator seperti tekstur, warna, kesegaran, dan ketahanan. Faktor harga dan lokasi juga turut memengaruhi keputusan pembelian, meskipun bukan sebagai faktor utama.
Analisis faktor menghasilkan nilai KMO sebesar 0,402 dan Bartlett’s Test yang signifikan (p = 0,000), yang menunjukkan bahwa data layak untuk dianalisis lebih lanjut dengan metode EFA. Tiga komponen utama berhasil diekstraksi dan menjelaskan total varian sebesar 80,337%. Komponen-komponen ini mencerminkan struktur psikologis konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.
Secara keseluruhan, keputusan konsumen lebih didorong oleh persepsi terhadap kualitas produk dibandingkan harga atau promosi. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran sebaiknya lebih berfokus pada peningkatan mutu dan edukasi konsumen mengenai keunggulan produk hidroponik. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan pemasaran dan strategi bisnis HCP di masa depan.

Kata kunci: Perilaku Konsumen, Pakcoy, Hidroponik, Palembang, Faktor Prduk, Harga, Tempat, Promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: andika reza perdana
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:56
Last Modified: 25 Jul 2025 04:56
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item
View Item