ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP LAYANAN KOPERASI DI DESA TALANG KEMANG KECAMATAN RANTAU BAYUR BANYUASIN

Tejja Sukma Kumara, 20542010010 (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP LAYANAN KOPERASI DI DESA TALANG KEMANG KECAMATAN RANTAU BAYUR BANYUASIN. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of Tejja_sukma_kumara_20542010010_01._front.pdf] Text
Tejja_sukma_kumara_20542010010_01._front.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Tejja_sukma_kumara_20542010010_02_Bab_1.pdf] Text
Tejja_sukma_kumara_20542010010_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of Tejja_sukma_kumara_20542010010_03_bab_2.pdf] Text
Tejja_sukma_kumara_20542010010_03_bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of Tejja_sukma_kumara_20542010010_04_bab_3.pdf] Text
Tejja_sukma_kumara_20542010010_04_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Tejja_sukma_kumara_20542010010_05_bab_4.pdf] Text
Tejja_sukma_kumara_20542010010_05_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Tejja_sukma_kumara_20542010010_06_bab_5.pdf] Text
Tejja_sukma_kumara_20542010010_06_bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of Tejja_sukma_kumara_20542010010_07_lampiran.pdf] Text
Tejja_sukma_kumara_20542010010_07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Terhadap Layanan Koperasi
bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan anggota terhadap layanan yang
diberikan oleh koperasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan anggota terhadap layanan koperasi di desa Talang Kemang Kecamatan
Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin III Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu metode survei. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi
langsung sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber kepustakaan yang ada
hubungannya dengan penelitian ini. Metode Pengambilan sampel dengan
menggunakan metode sampling, dimana jumlah anggota 53. Jumlah sampel yang
di ambil 35 anggota sehingga semua responden dijadikan responden. Hasil
analisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) pada Koperasi Pertanian
Talang Kemang menunjukkan bahwa tingkat kepuasan anggota terhadap
pelayanan koperasi berada dalam kategori "puas" dengan nilai CSI sebesar
65,71%. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar anggota merasa puas dengan
layanan yang disediakan oleh koperasi. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi
kepuasan anggota meliputi kualitas produk dan layanan yang ditawarkan, harga
yang bersaing, pelayanan yang memadai, komunikasi yang efektif, fasilitas
pendukung yang memadai, serta pengelolaan koperasi yang adil dan transparan.
Untuk meningkatkan kepuasan anggota lebih lanjut, koperasi harus fokus pada
peningkatan kualitas produk, memperbaiki transparansi dan komunikasi,
meningkatkan kualitas pelayanan, serta mengadakan program pendidikan dan
pelatihan bagi anggota. Pengelolaan keuangan dan administrasi yang baik juga
sangat penting untuk membangun kepercayaan dan loyalitas anggota.
Kata kunci : Kepuasan Anggota, Layanan Koperasi, Pengelolaan, Customer
Satisfaction Index (CSI)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: tuan tejja sukma kumara sujak
Date Deposited: 10 Aug 2024 07:17
Last Modified: 10 Aug 2024 07:17
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item