STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN INDOMARET DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN (STUDI PADA INDOMARET TANJUNG API-API)

RAMANDA, 20702010006 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN INDOMARET DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN (STUDI PADA INDOMARET TANJUNG API-API). Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of Ramanda_20702010006_01_front.pdf] Text
Ramanda_20702010006_01_front.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of Ramanda_20702010006_02_Bab_1.pdf] Text
Ramanda_20702010006_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of Ramanda_20702010006_03_Bab_2.pdf] Text
Ramanda_20702010006_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of Ramanda_20702010006_04_Bab_3.pdf] Text
Ramanda_20702010006_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of Ramanda_20702010006_05_Bab_4.pdf] Text
Ramanda_20702010006_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Ramanda_20702010006_06_Bab_5.pdf] Text
Ramanda_20702010006_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of Ramanda_20702010006_07_Lampiran.pdf] Text
Ramanda_20702010006_07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pelayanan Indomaret dalam menjaga kualitas pelayanan pada Indomaret Tanjung Api-Api. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling technique. Informan yang memberikan data ialah 3 orang yaitu: 1 informan kunci (chief of store) atau kepala toko, 1 karyawan, dan 1 konsumen. Pada penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Adapun hasil penelitian pada strategi komunikasi pelayanan dalam menjaga kualitas pelayanan terdapat tiga hal yakni: komunikasi interpersonal pelanggan, standar pelayanan, dan SOP pelayanan. Masing-masing dari ketiga poin ini memperoleh hasil yang berbeda sesuai dengan pendapat ketiga informan. Untuk poin komunikasi interpersonal pelanggan ada lima poin penting, yakni: keterbukaan, empati, dukungan antar karyawan, rasa positif, dan kesetaraan. Sementara itu, untuk standar pelayanan juga terdapat lima poin penting yaitu: kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Sedangkan untuk SOP pelayanan mengutamakan kepuasan pelanggan karena tujuan utama dalam bidang usaha, tanpa pelanggan usaha tidak akan berjalan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Komunikasi Pelayanan, Strategi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TUAN RAMANDA RAMANDA
Date Deposited: 10 Aug 2024 07:14
Last Modified: 10 Aug 2024 07:14
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item
View Item