RAMANDA, 20702010006 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN INDOMARET DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN (STUDI PADA INDOMARET TANJUNG API-API). Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.
Ramanda_20702010006_01_front.pdf
Download (435kB)
Ramanda_20702010006_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (114kB)
Ramanda_20702010006_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
Ramanda_20702010006_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
Ramanda_20702010006_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Ramanda_20702010006_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (126kB)
Ramanda_20702010006_07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (398kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pelayanan Indomaret dalam menjaga kualitas pelayanan pada Indomaret Tanjung Api-Api. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling technique. Informan yang memberikan data ialah 3 orang yaitu: 1 informan kunci (chief of store) atau kepala toko, 1 karyawan, dan 1 konsumen. Pada penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Adapun hasil penelitian pada strategi komunikasi pelayanan dalam menjaga kualitas pelayanan terdapat tiga hal yakni: komunikasi interpersonal pelanggan, standar pelayanan, dan SOP pelayanan. Masing-masing dari ketiga poin ini memperoleh hasil yang berbeda sesuai dengan pendapat ketiga informan. Untuk poin komunikasi interpersonal pelanggan ada lima poin penting, yakni: keterbukaan, empati, dukungan antar karyawan, rasa positif, dan kesetaraan. Sementara itu, untuk standar pelayanan juga terdapat lima poin penting yaitu: kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Sedangkan untuk SOP pelayanan mengutamakan kepuasan pelanggan karena tujuan utama dalam bidang usaha, tanpa pelanggan usaha tidak akan berjalan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Komunikasi Pelayanan, Strategi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TUAN RAMANDA RAMANDA |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 07:14 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 07:14 |
URI: | http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/396 |