Kontruksi Realitas Sosial Budaya Batak Pada Film Ngeri-Ngeri Sedap

Ika Fauziah Ramadhani, 20702010009 (2024) Kontruksi Realitas Sosial Budaya Batak Pada Film Ngeri-Ngeri Sedap. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_01_front.pdf] Text
Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_01_front.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_02_Bab_1.pdf] Text
Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[thumbnail of Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_03_Bab_2.pdf] Text
Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[thumbnail of Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_04_Bab_3.pdf] Text
Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[thumbnail of Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_05_Bab_4.pdf] Text
Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_06_Bab_5.pdf] Text
Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[thumbnail of Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_07_Lampiran.pdf] Text
Ika Fauziah Ramadhani_20702010009_07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Penelitian konstruksi realitas sosial budaya Batak Toba pada film Ngeri-Ngeri Sedap bertujuan untuk mengetahui konstruksi realitas sosial yang ditampilkan dalam film ini. Setiap scene kebudayaan yang ditampilkan dalam film ini sesuai dengan realitas yang terjadi pada masyarakat suku Batak Toba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu observasi dengan menonton, mendengarkan dan menyimak tiap adegan-adegan yang ditampilkan dalam film. Kemudian melakukan dokumentasi dengan mengambil tangkap gambar pada adegan yang menampilkan budaya Batak Toba, beberapa data juga diperoleh dari proses wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi realitas sosial dalam film ini terbagi dalam tiga proses, meliputi proses eksternalisasi yaitu pernikahan beda suku yang ditentang oleh masyarakat, perantauan yang sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat suku Batak untuk memperoleh kesuksesan diperantauan dan warisan pada suku Batak yang lebih banyak diberikan kepada anak laki-laki. Proses obyektivasi yaitu makanan khas suku Batak, ulos, lapo, tari Tortor dan rumah Bolon. Dan terakhir proses internalisasi yaitu martutur atau sapaan dan juga pesta adat Sulang-Sulang Pahompu.

Kata Kunci : Konstruksi Sosial, Film Batak Toba

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Tuan syarif hidayat
Date Deposited: 08 Aug 2024 10:01
Last Modified: 08 Aug 2024 10:01
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item
View Item