PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG

Bayu Rizky Sampurna, 20552010034 (2024) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SUMATERA SELATAN.

[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_01_front.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_01_front.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_02_Bab_1.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_03_Bab_2.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_04_Bab_3.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_05_Bab_4.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_06_Bab_5.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_07_Bab_6.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_07_Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[thumbnail of BayuRizkySampurna_20552010034_08_Lampiran.pdf] Text
BayuRizkySampurna_20552010034_08_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan masyarakat, termasuk di sektor pendidikan yang menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Salah satu masalah utama adalah kurangnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis Android sebagai media pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengamatan dan wawancara, serta pengembangan aplikasi menggunakan model Waterfall yang terdiri dari tahap analisis, desain, coding, testing/verifikasi, dan maintenance. Aplikasi AR yang dikembangkan menggunakan Unity3D dan Vuforia SDK, dilengkapi fitur scan AR untuk menampilkan bangun ruang 3D, menu materi singkat, dan quiz pilihan ganda. Aplikasi ini bersifat offline untuk fleksibilitas penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR berfungsi dengan baik dan dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran matematika. Fitur AR membantu siswa memahami konsep bangun ruang secara lebih visual dan interaktif, serta meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam belajar. Aplikasi ini juga memungkinkan akses tanpa koneksi internet, memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar kapan saja. Kesimpulannya, penerapan teknologi AR berbasis Android sebagai media pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap konsep bangun ruang, serta memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran inovatif di bidang pendidikan.

Kata kunci : Augmented Reality, Media Pembelajaran, Matematika, Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Tuan Bayu Rizky Sampurna
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:27
Last Modified: 09 Aug 2024 04:27
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item
View Item