Bayu Rizky Sampurna, 20552010034 (2024) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS SUMATERA SELATAN.
BayuRizkySampurna_20552010034_01_front.pdf
Download (653kB)
BayuRizkySampurna_20552010034_02_Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
BayuRizkySampurna_20552010034_03_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
BayuRizkySampurna_20552010034_04_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (82kB)
BayuRizkySampurna_20552010034_05_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
BayuRizkySampurna_20552010034_06_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BayuRizkySampurna_20552010034_07_Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (46kB)
BayuRizkySampurna_20552010034_08_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan masyarakat, termasuk di sektor pendidikan yang menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Salah satu masalah utama adalah kurangnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis Android sebagai media pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengamatan dan wawancara, serta pengembangan aplikasi menggunakan model Waterfall yang terdiri dari tahap analisis, desain, coding, testing/verifikasi, dan maintenance. Aplikasi AR yang dikembangkan menggunakan Unity3D dan Vuforia SDK, dilengkapi fitur scan AR untuk menampilkan bangun ruang 3D, menu materi singkat, dan quiz pilihan ganda. Aplikasi ini bersifat offline untuk fleksibilitas penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR berfungsi dengan baik dan dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran matematika. Fitur AR membantu siswa memahami konsep bangun ruang secara lebih visual dan interaktif, serta meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam belajar. Aplikasi ini juga memungkinkan akses tanpa koneksi internet, memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar kapan saja. Kesimpulannya, penerapan teknologi AR berbasis Android sebagai media pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap konsep bangun ruang, serta memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran inovatif di bidang pendidikan.
Kata kunci : Augmented Reality, Media Pembelajaran, Matematika, Android.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Tuan Bayu Rizky Sampurna |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 04:27 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 04:27 |
URI: | http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/266 |