PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR LURAH PANGKALAN BALAI KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN

TIARA HERTINA, 19612010214 (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR LURAH PANGKALAN BALAI KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of SKRIPSI_TIARA_HERTINA_19612010214.pdf] Text
SKRIPSI_TIARA_HERTINA_19612010214.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Lurah Pangkalan Balai Kecamatan
Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Sampel yang diambil dalam penelitian ini
adalah sebanyak 99 Orang. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan masyarakat digunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis
regresi dapat disimpulkjan bahwa diperoleh persamaan regresi Y =
1,152 + 0,723 X. Berdasarkan analisis regresi menunjukkan bahwa 72,3%
kepuasan masyarakat ditentukan (dipengaruhi) oleh variabel pelayanan. Ini
menunjukkan bahwa masih ada variabel bebas yang lain yang berpengaruh terhadap
kepuasan masyarakat pada Kantor Lurah Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin
III Kabupaten Banyuasin yang tidak dimasukkan dalam model analisis. Besarnya
variasi dari kepuasan masyarakat pada Kelurahan Pangkalan Balai Kecamatan
Banyuasin III Kabupaten Banyuasin yang dapat ditaksir oleh variabel yang lain
adalah 27,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada variabel lain
selain variabel pelayanan yang mempengaruhi kepuasan masyarakat pada Kantor
Lurah Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin tapi tidak
dimasukkan dalam model analisis.
Berdasarkan nilai t-tes didapatkan koefisien pengaruh variabel kualitas
pelayanan terhadap kepuasan masyarakat adalah 20,240 dengan tingkat signifikansi
(sig) = 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Jadi variabel kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Lurah
Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Ini
mengindikasikan bahwa semakin baik variabel kualitas pelayanan menyebabkan
masyarakat akan makin puas pada Kantor Lurah Pangkalan Balai Kecamatan
Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Ini menunjukkan bahwa variabel kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Staff Pengelola Repositori
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:22
Last Modified: 11 Jun 2024 02:22
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item
View Item