PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA LUBUK RENGAS KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN

FITRI HOTIMAH, 1961201021 (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA LUBUK RENGAS KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, Universitas Sumatera Selatan.

[thumbnail of SKRIPSI_FITRI_HOTIMAH_1961201021.pdf] Text
SKRIPSI_FITRI_HOTIMAH_1961201021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Kualitas Pelayanan merupakan tingkat keunggulan (excellent) yang
diharapkan dan pengendalian atas keunggulan tersebut untuk memenuhi kebutuhan
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui besarnya kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada Kantor Desa Lubuk
Rengas Kecmatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin yang mana jumlah
responden 95 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang
digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana, uji t, uji koefisien determinasi (R2
)
dengan menggunakan aplikasi menggunakan Aplikasi SPSS versi 22. Nilai
koefisien regresi sebesar 0,555 menyatakan bahwa jika kualitas pelayanan di
tingkat 1 satuan, maka nilai kepuasan kerja sebesar 0,555. Berdasarkan pengujian
hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 16,746 > ttabel 1,986 maka H0
ditolak dan Ha diterima yang dalam artian secara parsial terdapat pengaruh positif
kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Desa Lubuk Rengas
Kecmatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin . Berdasarkan hasil uji koefisien
determinasi diperoleh nilai R = 0,867 dan nilai R square (R2

) sebesar 0,751. Hal ini
menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan adalah sebesar 75,1% sedangkan
sisanya 24,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Jadi dapat disimpulkan dan dibuktikan bahwa arah variabel Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Masyarakat adalah positif, Kualitas Pelayanan berpengaruh
terhadap Kepuasan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Staff Pengelola Repositori
Date Deposited: 30 May 2024 07:53
Last Modified: 30 May 2024 07:53
URI: http://repositori.uss.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item
View Item